PC kadang-kadang crash

Posted by Rifqi Rasis On Sabtu, 16 Juni 2012 0 komentar

Tanpa hubungan yang jelas dengan aktifitas atau aplikasi tertentu, tiba-tiba PC crash      ( seketika reset, hang atau freeze ). Sebabnya bisa bermacam-macam. Dengan sedikit keberuntungan, satu dari beberapa tip berikut ini dapat membantu.
Seringkali penyebabnya adalah suhu CPU yang terlalu tinggi sehingga panas yang dihasilkan menjadi berlebihan. Periksa apakah kipasnya masih berfungsi. Kipas murah cepat rusak akibat aus atau kotor ; kadang-kadang dapat diatasi dengan membersihkannya dengan kuas. Bila dibutuhkan kipas baru, lebih baik pilih yang sedikit lebih mahal dengan peluru ( lager ) kelereng. Gunakan thermal paste untuk membantu kontak antara permukaan chip prosesor dengan heat sink di bawah kipas.
Apakah Anda baru menambah kapasitas RAM? Pada motherboard tertentu, modul memori buatan produsen yang berbeda dapat saling tidak berkompromi atau tidak kompatibel. Keluarkan modul memori yang baru. Bila Anda ragu, turunkan sedikit timing RAM dalam BIOS.
Bila Anda baru menambahkan sebuah card atau menginstalasi update sistem operasi, mungkin ada ketidakcocokan dengan versi BIOS lama. Instalasikan update BIOS terbaru dari situs web produsen motherboard yang bersangkutan.

Semoga artikel PC kadang-kadang crash bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar

Ip Address Location

Powered by IP Address Locator