Internet menggunakan TELKOMNet Instan

Posted by Rifqi Rasis On Sabtu, 16 Juni 2012 0 komentar

Bagaimana caranya menggunakan Internet tanpa harus berlangganan ke provider? Di Indonesia dapat menggunakan TELKOMNet Instan dari TELKOM yang meliputi wilayah Jakarta, Jawa, DIY, Sumatera, Bali, Lombok, dan Sulawesi. Didukung oleh akses 56K bps protokol V.90, backbone TELKOMNet dan gateway asimetrik di Cibinong (15MBps dari Hongkong), Jakarta (12MBps dari USA), dan Surabaya (8MBps dari Hongkong). Penggunanya tidak perlu berlangganan karena biaya koneksi ke Internet telah dibebankan ke biaya pulsa sebesar Rp.165 - per menit. Pendekatan ini cukup efektif karena tidak semua orang membutuhkan akses internet dengan berlangganan ke provider tertentu di Indonesia.
Untuk membuat koneksi pertama kali, mulailah dari "Start|Programs|Accessories|Communication|Dial-Up Networking". Di sana klik pada "Make New Connection". Pilih modem yang digunakan dan sebuah nama untuk hubungan tersebut (misalnya TELKOMNet). Dalam menu berikutnya Anda harus memasukkan nomor telepon untuk login. Dimanapun Anda berada dan apa pun jenis modem yang digunakan, nomornya adalah 080989999.
Untuk login gunakan "telkomnet@instan" dengan password "telkom" tanpa tanda kutip. Setelah selesai pengisian, maka Anda dapat langsung terhubung ke Internet. TELKOMNet menyediakan setting DNS dan Proxy untuk berjaga-jaga jika terjadi gangguan akses pada koneksi internet Anda. Berikut ini adalah setting DNS dan Proxy yang disarankan.

DNS Primary: 02.134.0.155
DNS Secondary: 02.134.2.5
Proxy : proxies.telkom.net.id
Port HTTP : 8080
Port SOCKS : 1080

Cara melakukan setting DNS :
Klik "Start|Programs|Accessories|Communication|Network Connection. Pada jendela yang terbuka, klik Tombol mouse kanan saat kursor berada pa Icon TELKOMNet, kemudian pilih Properties. Klik tab Server Types dan klik tombol TCP/IP Settings... Klik Specify name server address dan isikan nomor-nomor DNS-nya. Biarkan setting yang lain apa adanya.
Cara melakukan setting Proxy :
Jika Anda mengunakan Internet Explorer, Klik "Start|Settings|Control Panel" lalu pilih Internet Options. Klik tab Connection kemudian klik TELKOMNet yang ada di dalam kolom Dial-Up Settings dan klik Settings...Pada jendela yang muncul, berikan tanda cek pada tulisan "Use a proxy server", kemudian klik tombol Advance dan isikan kolom-kolom yang ada dengan alamat proxy dan port.
(Dari Berbagai Sumber)

Semoga artikel Internet menggunakan TELKOMNet Instan bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar

Ip Address Location

Powered by IP Address Locator