10 Tips Perawatan Komputer Agar Awet

Posted by Rifqi Rasis On Kamis, 14 Juni 2012 0 komentar

Ada beberapa tips yeng perlu diperhatikan sehubungan dengan penggunaan komputer agar lebih aman dan awet di antaranya adalah:

Pertama, Sediakan UPS, Sering kali tegangan listrik turun-naik atau bahkan mati tiba-tiba. Hal ini tentu saja akan berdampak kurang baik pada PC, terutama PC yang sudah lama. Hal ini akan mengakibatkan rusaknya Power Supply, rusaknya Hardisk, bahkan Morherboard. Terutama hardisk, hardisk perlu kesetabilan saat bekerja, bila tiba-tiba listrik mati terjadilah kejutan yang bisa menyebabkan tergoresnya track recordingnya maka timbulah bad sector, bad sector hanya bisa dilihat jika kita check lewat scandisk. bad sector tidak bisa diisi file untuk operasional system maupun menyimpan data, sehingga akan mengurangi kapasitas hardisk itu sendiri. Karena itu usahakan agar disediakan UPS atau External battery sebagai pengaman bila terjadi mati lampu maka komputer tetap hidup untuk beberapa waktu, sehingga masih ada kesempatan untuk mematikan komputer sesuai prosedur.

Kedua, Sediakan Stavolt, Untuk UPS yang sudah termasuk stavolt (penstabil naik-turun tegangan) tidak bermasalah, tetapi yang tidak termasuk stavolt di dalamnya maka lebih baik disediakan stavolt tambahan sebagai stabilizer, sehingga walau tegangan listrik naik-turun pun, tidak mengganggu keamanan komputer sendiri.

Ketiga, Bersihkan dari debu, biasanya CPU tower ditaruh di samping meja user, diletakan di lantai sehingga kemungkinan masuknya debu ke dalam CPU besar sekali, Debu sebagai penghantar panas, sehingga apa bila komponen CPU, misalnya Prosesor, walau tersembunyi debu bisa masuk juga, memori/RAM sering kali kena debu, dan kerja komputer jadi ngadat, hang atau bahkan saat komputer dinyalakan timbul suara beep…. maka check dan segera bersihkanlah kompenen tersebut, pasang kembali dan nyalakan.

Keempat, Hindari kena Air, tidak menutup kemungkinan keyboard tersiram air minum. Pernah kejadian keyboard saya kena air tanpa sengaja, akhirnya terjadilah konsleting pada lempengan di dalam keyboard, walau sudah dibersihkan dan dijemur sekalipun tidak bisa diperbaiki, sehingga perlu ganti baru.

Kelima, Perhatikan Voltase, Untuk di Indonesia voltase yang umum dipakai adalah 220 volt, tapi untuk komputer produk Jepang masih 110 volt, sehingga bila menyalakan komputer produk Jepang, jangan lupa sediakan adapter untuk menurunkan voltase dari 220 ke 110 volt. kalau tidak wah….kebakar pasti!…

Keenam, Hati-hati dengan sambaran petir, untuk daerah rawan petir, terutama jaringan komputer yang terhubung dengan menara yang tidak dilengkapi penangkal petir akan berbahaya. Bila terkena petir akan merembet keseluruh jaringan, karena itu sediakan penangkal petir.

Ketujuh, Jauhkan dari medan magnetik, medan magnetik bisa mengganggu performa CPU juga monitor.

Kedelapan, Demi keamanan data serta system komputer, Pastikan sudah ada Antivirus dan selalu di update.

Kesembilan, Pastikan pula ada program utilities tambahan untuk menghapus sisa registry dan sampah dari internet(cokies), salah satunya yang gratis dan cukup bagus ccleaner.

Kesepuluh, Backup data anda secara berkala, mungkin terdengar boros karena secara berkala (6 bulan atau 3 bulan sekali) kita harus mem-backup data yang ada di harddisk ke CD atau DVD. Tapi akan lebih baik jika kita sedikit boros dan data-data kita aman (sewaktu-waktu bisa diambil kembali) daripada karena suatu sebab (virus atau HD yang rusak) tiba-tiba semua data anda hilang begitu saja.

Semoga Bermamfaat

sumber http://goo-dude.blogspot.com/2011/07/10-tips-perawatan-komputer-agar-awet.html

Semoga artikel 10 Tips Perawatan Komputer Agar Awet bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar

Ip Address Location

Powered by IP Address Locator