Sejarah Android

Posted by Rifqi Rasis On Jumat, 13 April 2012 0 komentar


Perkembangan teknologi memang tak ada habisnya.... seakan-akan setiap hari ada saja hal terbaru yang diluncurkan dan diperbaharui, kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit tentang android...
Android merupakan platform perangkat lunak untuk perangkat mobile yang mencakup sistem operasi, perangkat lunak, middleware (middleware), serta pengguna utama aplikasi (e-mail-client, kalender, peta, browser, kontak, dll).
Pengembangan Android sudah sekitar lima tahun - dari tanggal pembelian oleh Google startup proyek dengan judul yang sama pada tahun 2005. Tapi ulang tahun dari platform baru dari Google bisa dianggap on Dec 5, 2007. Yang sama hari itu, secara resmi mengumumkan pembentukan perusahaan Open Handset Alliance (OHA), yang tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan software standar terbuka untuk perangkat selular. Hari ini mencakup 34 kelompok perusahaan, termasuk operator seluler utama (T-Mobile, Sprint Nextel, KDDI, NTT DoCoMo, China Mobile), pengembang chip (Broadcom, Intel, Marvell, Nvidia, Qualcomm, SiRF, Texas Instruments), produsen ponsel perangkat (HTC, LG, Motorola, Samsung Electronics), dan, tentu saja, salah satu raksasa industri TI global - sebuah perusahaan Google, yang bertindak sebagai inisiator pembentukan OHA.
Juli 2005, Google mengakuisisi Android, Inc., perusahaan yang baru berkembang berpusat di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Pendiri Android, Inc. termasuk diantaranya adalah Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Namun pada saat ini hanya segelintir orang yang mengetahui fungsi Android, Inc. selain memang mereka membuat software untuk ponsel. Rumor pun berkembang saat Google mengakuisisi Android, Inc. bahwa Google berencana untuk masuk ke pasar ponsel meski belum diketahui akan seperti apa andil Google di dunia ponsel.
Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin mengembangkan platform perangkat bergerak dengan dasar kernel Linux yang dijual kepada pembuat handset dan layanan telekomunikasi. Saat itu beredar kabar bahwa Google telah memiliki jajaran komponen hardware dan partner software dan memberi tanda kepada penyedia layanan telekomunikasi bahwa yang mereka tawarkan bersifat terbuka. Spekulasi sasaran Google untuk ponsel pun semakin berkembang bahwa mereka akan segera mengumumkannya di bulan Desember 2006. Semakin banyak rumor mengatakan bahwa Google sedang mengembangkan ponsel bermerk Google. Ada sebanyak 30 prototype ponsel yang dikabarkan saat itu telah berfungsi.
Seiring dengan presentasi resmi aliansi bisnis OHA, diumumkan didasarkan pada kernel Linux platform terbuka untuk Google Android. Sedikit kemudian disajikan versi pertama paket untuk pengembang Android "Awal Lihat" SDK (Software Development Kit), yang dapat di-download dari Internet. Dengan demikian, perusahaan kelompok Open Handset Alliance telah memungkinkan bagi programmer dari seluruh dunia selama beberapa minggu untuk menguji lingkungan baru. Untuk informasi lebih minat di platform dari pengembang OHA kompetisi untuk meluncurkan aplikasi terbaik untuk Android, yang disebut Android Developer Challenge I (ADC I), hadiah dana yang mencapai $ 5 juta. Pada bulan Mei 2009, Google mengumumkan sebuah kompetisi untuk Android Developer Challenge II dengan dana hadiah $ 2 juta (hadiah utama - 250 ribu dolar), yang menunjukkan keberhasilan kontes yang terakhir dan minat besar ke panggung oleh produsen perangkat komunikasi mobile.
Sementara programmer telah mempelajari dan menciptakan sebuah platform baru untuk lembut, dari seluruh dunia sekarang dan kemudian datang laporan dari upaya untuk menginstal Google Android pada berbagai perangkat mobile. Dan, memang, sejumlah upaya untuk berhasil. Sebagai contoh, pada Januari 2008 oleh pengembang perangkat lunak independen telah berhasil diinstal pada Android PDA Sharp Zaurus SL-C760. Dan GSM pameran Kongres Dunia pada Februari 2008, Texas Instruments telah menunjukkan copy dari smartphone dengan operasi yang sudah diinstal sistem, Google Android.
Perangkat pertama menjalankan Android, dikembangkan oleh HTC Dream smartphone atau T-Mobile G1, yang secara resmi diluncurkan pada September 23, 2008. Penjualan perangkat ini di pasar AS dimulai pada bulan Oktober 2008. Baru item dalam guglfonom disebut spesialisasi media.
Segera beberapa produsen smartphone mengumumkan niat mereka untuk merilis perangkat berdasarkan platform Android. Sebuah perusahaan tidak hanya Koolu porting ke smartphone Android Neo FreeRunner, berdasarkan perangkat lunak open source, tetapi juga mulai menjual perangkat mereka dimuat dengan platform mobile Google. Resmi pertama dan publik rilis beta dari platform Android Neo FreeRunner dari Koolu diadakan di paruh kedua bulan Desember 2008.
Langkah lain dalam pengembangan Google Android adalah pembukaan pada Oktober 2008, aplikasi toko online - Android Market, di mana Anda dapat membeli program dan perangkat lunak lain untuk perangkat berbasis pada platform baru. Juga, sekarang untuk pengembang perangkat lunak kesempatan untuk membebankan biaya atas aplikasi mereka di Android Market.
Apa keunikan Android? Di Google, memancarkan beberapa keunggulan kunci perangkat yang membedakan berdasarkan platform Android dari produk serupa:
1. Keterbukaan - Android menyediakan akses ke fungsi dasar perangkat mobile menggunakan standar panggilan ke API.
2. Penghancuran perbatasan - Anda dapat menggabungkan informasi dari Internet ke dalam telepon, seperti informasi kontak, atau data pada lokasi geografis untuk mendapatkan kesempatan baru.
3. Kesamaan aplikasi - untuk Android ada perbedaan antara telepon utama aplikasi dan perangkat lunak lain - Anda bahkan dapat mengubah program untuk memutar nomor, atau screen saver.
4. Cepat dan mudah perkembangan - dalam SDK memiliki semua yang anda butuhkan untuk membuat dan menjalankan aplikasi Android, termasuk simulator ini instrumen, dan alat debugging maju.
Di samping itu, Android memiliki fitur-fitur lainnya. Sebagai contoh, untuk menjalankan aplikasi dengan menggunakan Java virtual mesin Dalvik dengan konsumsi memori rendah. Dalvik dapat mendukung operasi simultan dari berbagai aplikasi dan membuka file dalam format khusus DEX, dioptimalkan untuk perangkat mobile.
Dalam mendukung Android 2D/3D-grafiki (dan pada saat yang sama Anda dapat menggunakan dua-dan tiga dimensi grafis), gambar, audio dan video.
Untuk menyimpan data yang digunakan oleh database SQLite ringan populer. Tersedia dukungan untuk GSM, EDGE, 3G, Bluetooth, Wi-Fi, foto dan video kamera, GPS, kompas, accelerometer. Dalam kertas, platform juga digunakan sejumlah perpustakaan bertanggung jawab untuk enkripsi data, membaca format audio dan video, dukungan untuk 2D dan 3D-grafik, font, dll Platform dari Google juga menggunakan perpustakaan LibWebCore (WebKit), yang merupakan mesin untuk web-browser, Android. Perlu dicatat bahwa mesin ini digunakan dalam populer browser Safari dari Apple.
Singkatnya, Android - platform perangkat lunak untuk perangkat mobile yang mencakup sistem operasi, perangkat lunak, middleware (middleware), serta pengguna utama aplikasi (e-mail-client, kalender, peta, browser, kontak, dll).
Seperti ditunjukkan, platform dari Google, ada sejumlah keuntungan. Namun, biaya untuk memperhatikan kekurangan Android.
Sebagai contoh, banyak ahli diketahui bahwa platform berbasis di Jawa, sehingga manfaat dan sistem operasi Linux di Android tidak digunakan sepenuhnya. Juga di platform tidak menggunakan salah satu tool grafis paling populer (toolkit) dan perpustakaan (misalnya, Ot atau GTK), sehingga tidak mungkin bahwa sejumlah besar aplikasi porting versi lengkap dari Linux untuk komputer rumah di peron karena kurangnya default X server dan grafis populer perpustakaan.
Dalam Android versi 1.5, pengembang menambahkan asli Development Kit, yang memungkinkan Anda untuk menulis Anda sendiri tingkat rendah ke sistem modul dalam C / C + +, berdasarkan linux-library standar (di tempat pertama - libs).
Selain itu, ada informasi bahwa Google akan dengan kebijaksanaannya sendiri menghapus aplikasi pada ponsel pengguna, jika melanggar syarat-syarat penggunaannya.
Kerugian dari platform juga dapat dipertimbangkan dan ketidakmampuan untuk menginstal aplikasi pada kartu memori. Kesenjangan pembangunan yang signifikan, terutama jika telepon sejumlah kecil memori internal (misalnya, T-Mobile G1, ia hanya 70 MB). Namun, ada firmware dari penggemar, yang diinstal pada kartu SD mungkin, misalnya, JFv1.5.
Kebetulan, di akhir musim panas tahun 2009 dijadwalkan untuk rilis Google Android versi 2.0. Menurut para pengembang, dibandingkan dengan versi pertama, Android 2.0 akan secara signifikan ditingkatkan. Versi baru dari OS akan lebih mudah untuk program. Selain itu, akan lebih stabil dari versi sebelumnya dari produk.
Juga diasumsikan bahwa Android 2.0 (juga dikenal dengan nama kode Donut) akan berbeda sistem kontrol suara, alat universal untuk pencarian. Akan dipasang untuk menerjemahkan teks to speech dan antarmuka manajemen khusus, yang merespon gerakan dari pengguna. Ahli juga menyarankan bahwa Android 2.0 akan diintegrasikan dengan layanan jaringan sosial yang populer.

PERKEMBANGAN ANDROID
Android telah mengalami pembaharuan sejak peluncuran awalnya.
1. Cupcake (1.5)
30 April 2009 secara resmi diluncurkan Cupcake dengan beberapa fitur baru:
o Kemampuan merekam dan memutar video di modus camcorder
o Upload video ke Youtube dan foto ke Picasa langsung dari ponsel
o Tombol soft keyboard dengan fitur "autocomplete"
o Kemampuan koneksi langsung ke headset bluetooth
o Widget dan folder baru
o Animasi
o Kemampuan copy-paste diperbaiki
2. Doughnut (1.6)
15 September 2009, Donat (Donut) diluncurkan:
o Android Market diperbaharui
o Antarmuka kamera, camcorder, dan galeri terintegrasi
o Penghapusan foto di galeri bisa dilakukan secara multiple (banyak file)
o Voice Search diperbaharui dengan respon lebih cepat dan integrasi lebih baik dengan kemampuan panggilan kontak
o Fitur pencarian diperbaiki untuk bookmark, history, kontak, dan web langsung dari tampilan siaga
o Pembaharuan dukungan teknologi CDMA/EVDO, 802.1x VPN, Gesture, dan text-to-speech
o Kecepatan diperbaiki di bagian pencarian
3. Eclair (2.0)
26 Oktober 2009
o Kecepatan hardware diperbaiki
o Aplikasi baru "Car Home"
o Dukungan resolusi dan ukuran layar dikembangkan
o Antarmuka browser yang baru
o Daftar kontak baru
o Rasio hitam-putih untuk background lebih baik
o Google Maps 3.1.2
o Dukungan Microsoft Exchange
o Dukungan lampu flash untuk kamera
o Digital zoom
o Virtual keyboard diperbaiki
o Bluetooth 2.1

Semoga artikel Sejarah Android bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar

Ip Address Location

Powered by IP Address Locator