Cara Mudah Overclocking VGA

Posted by Unknown On Kamis, 20 Desember 2012 1 komentar

Sebenarnya hampir semua VGA bisa di OC baik dari Core Clock, Memory Clock maupun Shader Clocknya. cuma permasalahannya, sampai mana daya tahan VGA tsb jika di overclocking ?
MSI Affterburner ya, salahsatu tools yang sering digunakan oleh overcloker utk meningkatkan kemampuan VGA, software yg dibuat oleh MSI yang berkolaborasi dengan RivaTuner. Bukan hanya MSI yang disupport oleh MSI Afterburner tetapi semua brand dapat memanfaatkan software Afterburner. Overclock yang dilakukan meliputi Core Voltage, Core Clock, Shader Clock, Memory Clock, Fan Speed, atau voltage VGA.

Fitur MSI afterburner untuk meningkatkan speed VGA

Based on RivaTuner core:
      Meningkatkan speed VGA – Afterburner menggunakan teknologi canggih riva Tuner core dengan tampilan yang simple dan efektif untuk memudahkan penggunaan baik VGA AMD maupun Nvidia, ketika anda upgrade VGA atau berganti VGA dari Nvidia ke AMD atau sebaliknya MSI afterburner akan mengenali jenis VGA yang anda pergunakan sehingga anda tidak memerlukan VGA tambahan, anda dapat terus melakukan kegiatan overclocking dan memonitor kinerja VGA anda melalui MSI afterburner.
User extendable architecture:
  • Meningkatkan speed VGA – Pada halaman resmi MSI after burner di sediakan page khusus yang merupakan komunitas pengguna MSI afterburner, anda bisa bergabung di sana bergabung dengan ribuan pengguna dan berkreasi membuat design skin MSI after burner milik anda sendiri atau mengembangkan aplikasi tambahan berupa sidebar atau juga menambahkan tambahan menu bahasa indonesia sehingga mempermudah penggunaan MSI afterburner.
  • Basic overclocking and fan control features:
    Meningkatkan speed VGA – Gamer enthusiast biasanya menggunakan beberapa VGA sekaligus untuk menggenjot performa VGA, MSI afterburner telah mendukung baik single VGA maupun full multi GPU, termasuk kemampuan independent shader clock adjustment (NVIDIA GeForce 8 atau versi yang lebih baru), overclocking dan fan control dengan fitur hotkey.
  • Basic screen capture features support:
    Meningkatkan speed VGA Dengan cara biasa kita tidak bisa mengcapture gambar video dari game atau dari screensaver dengan kemampuan screen capture yang di kenal dengan code name predator kini anda dapat melakukan screenshoot game dengan dukungan format BMP, PNG and JPG formats.
Advanced fan control:
         Sebagian besar alat untuk mengontrol kipas memungkinkan Anda untuk menggunakan salah satu mode kipas speed mode or default automatic fan speed, di mana otomatisasi kecepatan kipas dilakukan baik oleh chip hardware khusus atau dengan driver display tergantung pada model kartu grafis. Selain mode kontrol kipas tradisional Afterburner juga menyediakan pengguna software fan modus didefinisikan kecepatan otomatis yang memungkinkan Anda untuk menentukan fan Anda sendiri kurva kecepatan. Modus baru menggabungkan fleksibilitas teknologi kecepatan kipas RivaTuner ini penjadwalan dengan yang baru dan benar-benar mudah untuk menggunakan antarmuka grafis untuk kurva kecepatan kipas visual yang mengedit
Hardware health monitoring:
        Meningkatkan speed VGA – Untuk memonitor keadaan GPU msi after burner mendukung monitoring melalui tray icon, Logitech LCD  dan On-Screen Display monitoring modes and dan mencatatnnya melalui log file format
Program meningkatkan speed VGA MSI afterburner ini juga dilengkapi dengan MSI Afterburner User manual dalam kegiatan overclocking sebagai panduan anda dalam kegiatan meningkatkan speed VGA, sebelum Anda mendownload perlu Anda ketahui keuntungan dan kerugian dari kegiatan overclocking :

Kerugian :
  1. Panas yang berlebihan pada VGA Anda karena dipaksa bekerja pada clock yang lebih tinggi, namun apabila sistem pendingin Anda bagus hal ini dapat diminimalisir.
  2. Terjadi kesalahan operasi (perhitungan) akibata panas yang berlebihan, namun MSI afterburner dirancang sedemikian rupa dalam perhitungan kegiatan overclock dan dibuat semudah mungkin bagi Anda untuk segera menguasai program ini.
Keuntungan :
  1. VGA menjadi lebih cepat seolah-olah bekerja pada jenis VGA yang lebih tinggi kelasnya.
  2. Ini adalah cara termurah untuk meningkatkan kerja dari VGA tanpa harus membeli lagi, sangat cocok buat Anda yang berencana membeli VGA yang lebih baik, dengan terlebih dahulu memaksimalkan VGA yang sudah ada.
  3. Dapat meningkatkan speed VGA yang tidak ada dipasaran.
Pada kesimpulannya program meningkatkan speed VGA ini cocok bagi gamer dengan segala kemudahannya, dan memudahkan bagi pemula dalam dunia overclocking untuk mendapatkan hasil yang terbaik karena Anda tidak perlu meng-overclock secara hardware tentunya juga akan lebih aman, semua bisa berjalan otomatis. Saat Anda mendownload progam meningkatkan speed VGA afterburner  sudah dilengkapi juga dengan MSI Kombustor yang berfungsi untuk benchmark VGA dan mencari titik tertinggi kemampuan VGA Anda.

      Cara Overclock dengan MSI Afterburner ini sangat mudah sobat tinggal download software nya dan naikan Clock default dari VGA masing masing mulai dari Core Clock Shader Clock dan memory Clock jika perlu juga sobat bias menaikan FAN Speed maka FAN akan bekerja maksimal sesuai dengan angka % yang di tunjukan tentunya suara VGA akan berisik tidak seperti biasa karena kinerja nya juga lebih banyak.
       Sedikit demi sedikit untuk menaikan clock masing-masing jangan terlalu berlebihan untuk menaikan clock karena akan berakibat fatal bagi sang VGA dan coba menaikan 5 % atau 10 % uji VGA terlebih dahulu semisalnya di Benchmarck dengan MSI Kombustor atau software lainnya yang sejenis jika VGA sobat masih memungkinkan untuk "dipaksa" lagi silahkan,, coba lagi naikan clock nya hinga batas kemampuan maksimal VGA anda.
       Jika sobat menaikan core clock maka shader clock akan ikut naik juga dan FAN akan bekerja auto dan perlu di ingat VGA akan panas suhu nya jika di rasa sudah tidak bisa lagi jangan di paksakan karena akan berbahaya
      Setelah di naikan clock VGA nya maka uji VGA tersebut dengan software benchmarck ada atau tidak perubahanya jika sobat masih penasaran maka silahkan uji dengan game-game sobat yang di kira berat dan ada fitur benchmark seperti Metro 2033 dan lain2 nya gunakan software Fraps untuk mengetahui FPS yang di dapat
      Tidak disarankan digunakan untuk VGA onboard dan laptop ? karena VGA onboard tidak di rancang dengan sistem pendinginan yang mumpuni namun bila anda tetap ingin mencobanya boleh saja,  ini adalah sebuah tantangan bagi Anda untuk berani mencoba.


Semoga artikel Cara Mudah Overclocking VGA bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

+ komentar + 1 komentar

31 Agustus 2013 pukul 17.48

btw, Berapa lama VGA nVidia GeForce 8800 dapat tahan di OverClock?

4crazy-guy.blogspot.com

Posting Komentar

Ip Address Location

Powered by IP Address Locator