Cara mengaktifkan nVidia Optimus

Posted by Rifqi Rasis On Minggu, 23 Desember 2012 3 komentar



nVidia Optimus merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sistem untuk mengatur kapan harus menggunakan grafis terintegrasi dan kapan harus menggunakan grafis diskrit secara otomatis! Ya, nVidia menganalogikan teknologi ini seperti mobil hybrid, yang bisa secara otomatis berpindah dari penggunaan bensin ke listrik sesuai kebutuhan. Pada notebook dengan Optimus, sistem akan mengaktifkan grafis diskrit pada saat anda menonton film definisi tinggi, bermain game, atau melakukan pekerjaan yang membutuhkan kinerja grafis lebih. Sebaliknya, saat anda hanya melakukan berbagai pekerjaan ringan seperti mengetik, memeriksa e-mail, atau mendengarkan musik, maka sistem akan mengaktifkan grafis terintegrasi untuk menghemat pemakaian baterai notebook. Semua dijalankan secara otomatis dan anda tidak perlu melakukan restart/reboot saat sistem berpindah mode grafis. Wow!


Di postingan ini saya mau membantu agan-agan yang punya masalah pas mau main game berat tapi yang kepake VGA intel. Tapi saya sarankan agan haris update driver vga terbaru dulu agar bisa maksimal.

Langkah-Langkahnya sebagai berikut:
  1. Klik kanan di desktop, lalu pilih nVidia Control Panel. Kalau di PC agan gak ada nVidia Control panel berarti agan harus download dulu di website Nvidianya
  2. Klik menu desktop, lalu pilih Add "Run with graphic processor" to context menu. Kalau udah close Nvidia Control Panel
  3. Cari game yang mau agan mainkan sekarang. Misal, ane mau main PES 2014
  4. Klik kanan di icon PES 2014, Pilih "Run with graphic processor", lalu pilih "High Performance NVIDIA Processor"
  5. Selesai, tidah sulit kan.

Cara yang kedua bisa menggunakan ini, Menentukan VGA yang dipakai suatu program:
1. klik kanan di desktop, pilih nvidia control panel
2. manage 3D settings lalu klik tab program settings
3. klik add, trus cari program settingsnya lalu klik open
4. pilih high performance nvidia processor, lalu close Nvidia Control Panel.


Untuk download driver terbaru VGA nVidia bisa Kesini




Semoga artikel Cara mengaktifkan nVidia Optimus bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

+ komentar + 3 komentar

Anonim
2 Desember 2013 17.03

thanks gan (y)

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Cara mengaktifkan nVidia Optimus
Anonim
7 April 2014 08.46

Thanks a lot gan..
Sangat bermanfaat

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Cara mengaktifkan nVidia Optimus
20 Februari 2017 17.02

Gan ane mau tanya run with ane kagak muncul itu kenapa ya ? Abis ane update driver vga gforce ane malah ngilang option run with processors nya ? Ane udah unistall tu vga nya dan ane coba install driver yang sesuai dengan spesifikasi laptop ane tapi tetep ngak bisa gagal trus. Kenapa ya gan ?

Terimakasih djody surya Anggara atas Komentarnya di Cara mengaktifkan nVidia Optimus

Posting Komentar

Ip Address Location

Powered by IP Address Locator