Prototype 2

Posted by Rifqi Rasis On Sabtu, 04 Agustus 2012 0 komentar

Setelah lewat tiga tahun game Prototype pertama dirilis, akhirnya Radical Entertainment memberikan sequelnya, yaitu Prototype 2. Prototype 2 masih mengisahkan sepak terjang Alex Mercer, namun kita tidak mengendalikan Mercer, melainkan James Heller. Istri dan anak James mati karena terjadi virus outbreak lagi, dan Heller menyalahkan Mercer.

James Heller, jagoan baru Prototype 2
Pada awal misi balas dendamnya kepada Mercer, Heller dikalahkan oleh Mercer dan diberikan virus Blacklight olehnya. Hal ini menyebabkan James Heller mendapatkan kekuatan virus yang sama dengan Mercer. Mercer sendiri berusaha untuk meyakinkan Heller bahwa dirinya tidak bersalah. Benarkah itu?

Bisakah Mercer dipercaya?
Prototype 2 dimainkan sebagai sebuah game free-roaming, di mana kita bisa dengan bebas menjelajah kota New York yang sekarang telah berubah nama menjadi New York Zero sambil menjalankan misi-misi yang disediakan di dalamnya untuk melanjutkan cerita. Tampilan pada saaat cutscene cerita terlihat monokrom dengan kiasan warna merah.

Cutscene monokrom dengan kiasan warna tertentu
Kekuatan yang diberikan oleh Mercer kepada Heller membuatnya bisa melakukan hal-hal yang fantastis, seperti lari memanjat gedung, melayang di udara, dan menyerap manusia ataupun makhluk lain. Dengan menyerap manusia lain, Heller bisa memeriksa memori manusia tersebut untuk mendapatkan clue mengenai apa yang sebenarnya terjadi serta berganti wujud menjadi manusia tersebut. Heller juga bisa menyerap monster dan mendapatkan kekuatan monster tersebut.

Claws are fun
Yang paling fun tentu saja adalah senjata pertama yang dia dapatkan, yaitu semacam "cakar Wolverine", yang didapatkan dari monster pertama yang kita bunuh. Selain itu, kita juga bisa menggunakan senjata lain seperti black hole, tendrils, hammerfist, dan sebagainya. Heller juga memiliki kemampuan untuk memblokir serangan musuh menggunakan tameng (setelah dia serap dari salah satu monster).

Heller menerkam lawan
Ada banyak macam peperangan yang akan kita alami sepanjang game. Heller harus bertarung melawan monster raksasa, tank, helikopter dan sebagainya. Pertarungan cukup seru, Heller bisa melakukan berbagai aksi keren seperti menerkam lawan, menebasnya, melompat salto menghindar dan sebagainya. Jika tidak ingin bertarung, Heller juga bisa menyerap pasukan musuh dan menyamar jadi mereka, biasanya untuk menjalankan stealth mission. 


Memungut rocket launcher
Jika tidak mau menggunakan kekuatan Heller, kita juga bisa memungut senjata dari environment. Ada machine gun, rocket launcher, Heller bahkan bisa mencabut cannon dari tank dan menggunakannya untuk menembak tank lain ataupun melempar kendaraan dan berbagai objek yang ada di sekitarnya.
Yang unik untuk Prototype 2 adalah penggunaan sonar sense untuk mencari letak suatu target. Ada beberapa misi di mana kita harus melakukan hunting. Cara mencari lokasinya adalah dengan mengeluarkan ping sonar dan mengecek dari mana lokasi ping baliknya berasal. Sonar sense ini juga bisa digunakan untuk mengecek apakah seseorang sedang diawasi atau tidak agar bisa kita "makan" secara stealth.

Salah satu lokasi //BlackNet
Selain misi utama, ada juga berbagai collectibles yang bisa kita kumpulkan berupa black box yang tersebar di penjuru kota, menghancurkan lair, menemukan field ops yang harus kita bunuh serta berbagai misi //BlackNet. Tidak sekadar collectibles saja, koleksi ini akan memberikan kekuatan baru kepada Heller.
Apakah kita perlu memainkan Prototype pertama untuk bisa mengerti kisah Prototype 2 yang melibatkan tokoh utama game tersebut? Tidak perlu, karena Radical Entertainment telah memberikan sebuah menu khusus yang menceritakan apa yang terjadi pada Prototype pertama.

Fitur RADNET
Prototype 2 juga memiliki satu menu baru bernama RADNET. Menu yang membutuhkan koneksi Internet dan kode ini akan memberikan kita berbagai macam konten tambahan seperti minigame dan berbagai tantangan baru. Kita juga bisa mengadu rekor minigame kita dengan pemain lain.
Editor's Tilt - 7,0
Meskipun gamenya cukup keren, namun saya rasanya kurang suka dengan karakter bernama James Heller yang misi utamanya adalah balas dendam kepada Alex Mercer. Dari design karakter, Alex Mercer juga terasa lebih keren daripada James Heller, meskipun keduanya sama-sama adalah manusia Uroboros hasil mutasi karena virus.

Tendril fun
Tapi kalau dari segi gameplay, Prototype 2 sangat fun untuk dimainkan karena Heller memang pantas raising hell di kota New York meskipun ceritanya boleh dibilang cukup klise dan terlalu personal.

MINIMUM REQUIREMENTS

Windows XP/Vista/7
Intel Core 2 Duo 2.6GHz, AMD Phenom X3 8750
2GB Memory
NVIDIA GeForce 8800 GT with 512MB RAM/ATI Radeon HD 4850 with 512MB RAM
9.0c or Later DirectX
10GB Disk Space
DirectX 9 Compatible Sound Card


Semoga artikel Prototype 2 bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar

Ip Address Location

Powered by IP Address Locator